Thursday, June 6, 2013

Flag Football

Flag Football


Olahraga flag football di Indonesia sudah mulai ramai dimainkan, ini sekilas info tentang flag football.





Spesifikasi lapangan :

Field Size : 80×50 yd (72.8×45.5 mtr) / 1yd = 91 cm.IFFA tournament : 8 on 8 semi contact.

1 st down zone : Every 15 yd, marked by 20-40-20

End Zone : 10 yd, marked by ‘G’ (goal Line)

1pt. conversion : @ 2,5 yd to ‘G’ (goal Line)

2pt. conversion : @ 10 yd to ‘G’ (goal Line)


catatan :

untuk 1st down marking yang digunakan seperti gambar di atas (20-40-20) tidak menunjukan angka jarak yang sesungguhnya, marking tersebut hanya sebagai tanda saja, jadi jarak 20 ke 40 bukan berarti 20 yd melainkan hanya 15 yd. Begitu juga dengan penalty, penambahan dan pengurangan ‘yardage’ dapat di perkirakan dengan garis garis potongan karpet tersebut, 15 yd = 3 karpet, 10 yd = 2 karpet, 5 yd = 1 karpet.


Peraturan :
  • Permainan dimulai setelah bola kickoff tertangka tertangkap oleh team lawan. Apabila bola kickoff ; Drop, Touchback, out of bounds, maka waktu di mulai setelah wasit meletakan bola di LOS dan menyatakan game siap dimulai. (waktu dimulai berbarengan dengan dimulainya huddle clock). Pada 2 menit terakhir dengan waktu bersih maka waktu akan di mulai setelah snap.
  • Waktu pertandingan 2 x 20 menit
  • Huddle clock : 30 second.
  • ‘Waktu kotor (Running Time)’ digunakan pada 18 menit pertama tiap half dan hanya berhenti oleh timeout (baik dari official maupun atas permintaan tim) dan tercetaknya angka (Touchdown).
  • Extra Point Convertion / PAT (point after touchdown) tidak menggunakan waktu. (waktu mati).
  • ‘Waktu bersih’ digunakan pada 2 menit terakhir setiap babak (two minutes warning) dan waktu akan berhenti pada :
    1. time outs.
    2. incomplete pass.
    3. out of bounds.
    4. change of possession.
    5. tercetaknya angka (Touchdown).
  • TEAM TIMEOUT: boleh diminta oleh semua pemain yang terlibat dalam play sebelumnya dan berada dalam lapangan. Timeout tim berlangsung selama 60 detik. Setiap tim dapat melakukan 2 kali time out setiap half.
  • REFEREE TIMEOUT : berlangsung selama yang diperlukan dan tidak terbatas jumlahnya
  • Setelah time out, waktu akan berjalan kembali pada snap.
  • Team captain atau quarterback boleh menanyakan waktu yang tersisa pada official pada saat dead ball dan official diharapkan dapat memberitahukan waktu dengan tepat.
  • HALF BREAK : Pada akhir half pertama, diberikan istirahat selama 5 menit. Selama waktu istirahat, pemain boleh meninggalkan tempat pertandingan. Setelah 3 menit, official akan meniup peluit sebagai tanda peringatan di lapangan pertandingan. Tim harus telah kembali ke lapangan pada waktu istirahat berakhir atau pertandingan dinyatakan berakhir dengan walk-out dengan kemenangan 17 poin dari tim yang melakukan walk out.
  • OVERTIME : terjadi apabila setelah second half berakhir skor kedua tim sama, Peraturan mengenai overtime akan diatur kemudian.
  • Shortened Period: Sebelum pertandingan dimulai, waktu pertandingan dapat dikurangi dengan persetujuan kedua tim dan official. Waktu pertandingan dapat dikurangi official di tengah pertandingan (misalnya: saat terjadi hujan deras/petir/kondisi membahayakan lain) tanpa persetujuan kedua tim.
  • Extended Period: Half dapat diperpanjang 1 down (tanpa waktu berjalan) apabila muncul kondisi-kondisi sebagai berikut:
    1. Terjadi foul pada play terakhir dan penalti diaccept.
    2. Terjadi double foul.
    3. Terjadi replay down.
    4. Terjadi touchdown dan apabila extra poin dimainkan dapat mempengaruhi hasil akhir pertandingan.


0 komentar:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Labels