Penutup
Menurunnya kepuasan dan loyalitas
pelanggan perlu dipahami karena kedua hal tersebut merupakan penentu bagi kinerja perusahaan jasa
telekomunikasi seluler. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah
persepsi kualitas pelayanan, faktor penambat dan kualitas hubungan relasional secara
simultan. Penelitian ini menggunakan ukuran sampel sejumlah 22 responden, yang terdiri dari mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi dan analisa dilakukan menggunakan Modeling
Google Docs. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor penyebab kepuasan dan loyalitas pelanggan yang utama adalah persepsi kualitas pelayanan dan
juga promo yang diberikan, sedangkan
faktor penambat tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas
hubungan relasional juga tidak secara langsung berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan. Persepsi kualitas pelayanan dan kualitas hubungan relasional berpengaruh langsung
terhadap loyalitas pelanggan.
0 komentar:
Post a Comment